Selasa, 29 Oktober 2013

Metalcore

 

SEJARAH PERKEMBANGAN METALCORE

Band-band yang memainkan musik METALCORE adalah band2 metal dengan aliran hampir seperti trash metal tetapi lebih mengandalkankritem2 gitar dan beat drum yg lebih rapat dan biasanya selalu ada scream dan terkadang growl di dalamnya.Musik metalcore memiliki ciri khas berupa gitar stem drop D sampai C, terkadang full scream, namun ada jg bagian clean voice pada reff lagu.
Metalcore adalah gabungan genre music yang menggabungkan elemen dari HEAVY METAL dan HARDCORE PUNK yang lahir pada tahun 1980-an.
Meskipun metalcore ‘lahir’ sejak tauhun 80-an,genre ini baru berkembang di tahun 90-an lewat band-band kayak Integrity Earth Crisis,dan Motorhead. Selanjutnya,kiprah mereka dilanjutkan oleh band-band macam Killswitch Engage,Avenged Sevenfold,Trivium Lambs of God dan Atreyu.
Band-band penerus metalcore ini ternyata menampilkan sesuatu yang beda. Mereka banyak terpengaruh dengan aliran yang disebut sebagai melodic death metal,yang lebih banyak menggunakan riff gitar melodius,solo yang lebih melodius,dan gitar akustik.
Tahun 2000an,metalcore menjadi produk yang cukup komersil.ini didorong oleh banyaknya indie label seperti Century Media dan Metal Blade,yang bersedia menggarap album-album band yang melabeli diri mereka sebagai band metalcore.Sejak tahun 2004 sampai sekarang,band-band metalcore seperti Killswitch Engage, Shadow’s Fall, As I lay dying dan Bullet for My Valentine bahkan berhasil merajai tangga lagu billboard di Amerika.

METALCORE DI INDONESIA

Di Indonesia,metalcore ternyata memiliki fanbase yang cukup kuat.Namun,kebanyakan band metalcore Indonesia lebih banyak bermain di jalur indie.
Walaupun tidak populer di industri musik Indonesia,band-band metalcore lokal layak mendapatkan pujian.mereka mampu membuktikan eksistensinya di hadapan penggemarnya,komunitas pencinta metalcore di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar